Pandemi

Penyebaran virus Corona atau nama lainnya Covid-19 telah memicu alarm global. Virus yang awalnya berasal dari Wuhan, China kini menyebar bahkan hingga ke Indonesia.

Virus yang diperkirakan berasal dari pusat kota Wuhan pada akhir Desember 2019 telah terdeteksi di lebih dari dua lusin Negara. Dilansir dari Aljazeera, virus ini telah menginfeksi hampir 60.000 orang dan menewaskan lebih dari 1.300 di Tiongkok.

Pada 30 Januari 2020, Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), menyatakan wabah virus corona sebagai darurat global atau istilahnya darurat kesehatanpublik ysng menjadi perhatian Internasional (PHEIC).

Tapi tahukah kalian? Bahwa sebelum pandemi virus Covid-19 terjadi, kasus penularan virus telah terjadi sejak 400 SM di Yunani. Sehingga, kata pandemic pun berasal darti bahasa Yunani: pan artinya semua, dan demo berarti oramg. Sedangkan dalam KBBI pandemi diartikan wabah yang berjangkit serempak dimana-mana meliputi daerah geografi yang luas.

Lalu kasus penularan virus apa saja yang pernah terjadi, yuk simak penjelasan berikut:

1. Plague of Athens

Pada tahun 430 SM, wabah Athena melanda kota filsuf 1, Yunani  ketika perang Peloponnesia terjadi. Sebagian besar penduduk terinfeksi sekitar 75.000 hingga 100.000 orang. Gejala yang meliputi demam, tenggorokan dan lidah berdarah serta kulit merah dan lesu. Dalam bukunya “History of The Peloponnesian War”, sejarawan Thucydides menuliskan jika wabah itu berasal dari Ethiopia dan lalu ke Mesir kemudian Libya hingga akhirnya ke Yunani dan menyebar ke seluruh Mediterania.

2. Plague of Justinian

Plague of Justinian merupakan wabah yang dimulai pada tahun 541 M sebagai wabah pes bubonic pertama dalam sejarah dunia. Wabah Justinian mulai merebak di Mesir kemudian menyebar sampai Konstatinopel, dalam  catatannya Procopius dari Bizantium pada puncaknya wabah ini telah menewaskan 10.000 orang setiap hari dan mungkin mencapai 40% dari total populasi kota tersebut. Wabah ini terus berlanjut dan memakan korban sampai seperempat populasi di Mediterania Timur.

3. Black Death

Black Death atau Maut Hitam merupakan pandemic hebat yang pertama kali melanda Eropa pada pertengahan abad ke-14. 60% orang Eropa hampir habis karena adanya pandemi ini. Nama "Maut Hitam" umumnya dianggap berasal dari gejala khas dari penyakit ini, yang disebut acral necrosis, di mana kulit penderita menjadi menghitam karena pendarahan subdermal. Black Death disebabkan oleh bakteri yersinia pestis yang terdapat pada kutu tikus khususnya tikus hitam.

4. Kolera

Pandemi kolera pertama dimulai pada tahun 1816-1826 yang mulai menyebar pada wilayah anak Benua India hingga RRC dan Laut Kaspia. Pandemi ini berlanjut hingga pandemi kolera keenam yang terjadi pada pada tahun 1961 dan penyebarannya hingga tahun 1966 di Uni Soviet.

Posting Komentar

0 Komentar